Posted by : RaydaR2212 Tuesday, November 12, 2013



Sobat fotografi banyak yang bertanya tentang foto ini yang kuberi judul “Aktifitas Pagi” gimana cara membuat foto seperti, pengaturan di kamera dan sebagainya, ada yang inbox ke FB ada PM ada yang BBM langsung ke saya. Akhirnya saya memiliki waktu untuk membuat artikel ini meski masih berantakan saya akan mencoba menjabarkan sesuai dengan kemampuan saya yang sangat terbatas ini. Prinsip saya dalam melakukan pemotretan selalu mengusahakan hasil 80-90% sudah matang dikamera.
Foto ini diambil menggunakan kamera Nikon D90 dengan lensa Nikkor 80-200 mm f/2.8 gen II pukul 06.48 pagi di desa Papringan, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia. Berikut data exif fotonya yang saya print screen :
Dibawah ini adalah foto asli dari kamera, oia sobat jangan lupa usahakan dalam melakukan pemotretan 80-90% udah fix dan hasil mendekati sempurna dari situasi sebenarnya pada lokasi tersebut. Mulai dari komposisi, white balance serta momen. Memang dalam foto ini menunggu momen yang berjam-jam sungguh membosankan, saya berangkat dari jam 5 pagi dan stanby dilokasi ini dari jam 05.15 WIB. Percaya saja tidak akan sia-sia setiap kita melakukan hunting foto, pasti akan memperoleh momen-momen bagus apabila kita bersabar.

Tentu saja dengan foto ini tidak banyak yang saya lakukan pada foto ini, dari awal saya memang senang dengan warna-warna natural. Dalam hal ini saya hanya melakukan pewarnaan, kontras dan mengembalikan warna mendekati naturalisasi. Alhasil foto akan terlihat dramatis seperti lukisan, itu sih menurut saya, karena selera dan ukuran orang berbeda satu sama lainya.

1. Setelah foto dimasukan pada Photoshop, langkah pertama yang dilakukan adalah duplicate layer kemudian pilih selective color pilih warna hijau dan natural rubahlah seperti pada gambar dibawah, semua tergantung selera masing-masing. Setelah warna sudah cocok sesuai keinginan lanjut langkah berikutnya.

2. Masking pada wajah dan kulit manusia sehingga kembali warna aslinya langkah ini dibutuhkan kejelian, jangan sampai melebihi batas kulit. Kurangi Opacity Brush pada level 50% agar lebih halus dan gampang koreksi ulangnya.

3. Setelah masking selesai klik pada layer background kemudian kembali ke Selective Color lagi pilihlah warna natural kemudian naikan warna Yellow sesuai keinginan agar tidak terlalu putih alias mendekati warna sawo matang. (Ciri khas kulit orang indonesia)

4. Masih pada layer Background oleskan Dogde Tool agar wajah terlihat berdimensi, gelap terang harus pas, perhatikan pula arah cahaya agar tidak flat.

5. Langkah berikutnya adalah Smart Sharpen, ini berfungsi agar foto terlihat lebih tajam lagi.

Masih dalam smart sharpen, pada amount usahakan 100% kemudian radius juga jangan terlalu besar agar tidak terjadi noise pada foto, kalau yang saya lakukan dalam foto ini adalah pada radius 2.0 pixels.

6. Brightness dan Contrast, langkah ini sangat diperlukan agar foto semakin terlihat berdimensi secara keseluruhan lalukan sesuai selera, kalau yang saya lakukan pada foto ini adalah contrast saya naikan menjadi +17.

7. Hasilnya akan seperti ini, perlu diingat dalam foto ini saya tidak menambah ataupun mengurangi isi foto, hanya melakukan pewarnaan saja agar terlihat dramatis dan natural.

8. Semoga berkenan dengan sedikit share dari saya, apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah, salam hangat. Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan berlatih agar memperoleh hasil yang sesuai keinginan. (uungferi)

Leave a Reply

Silahkan berikan kritik dan berikan saran untuk post saya dengan tidak mengandung unsur :
- Penghinaan
- Link pornografi
- Tidak berbicara yang tidak sopan

Terima Kasih, dan jangan lupa follow ya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rayda Ramadhan Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Rayda Ramadhan -