Posted by : Unknown Thursday, June 20, 2013

Menjadi seorang blogger dengan penghasilan lumayan tentu menjadi idaman banyak orang. Jika Anda melihat atau membaca kisah-kisah sukses blogger lain tentu hati kecil Anda tergugah untuk ikut mencobanya. Jangan khawatir, memiliki keinginan seperti itu merupakan hal yang wajar. Sebagai manusia Anda tentu akan terinspirasi atas keberhasilan orang lain.
Pertanyaan paling lazim adalah bagaimana caranya?
Sebelum Anda mengetahui jawabannya sangatlah penting untuk mengetahui apa yang ada di pikiran Anda pada saat mendengar “blogger? Jawabannya pasti bermacam-macam. Mengapa hal ini penting? Pemahaman Anda akan mempengaruhi karir blog Anda untuk jangka panjang.

Menjadi seorang blogger tidak membuat diri Anda berbeda dengan orang yang bekerja di kantor atau menjalankan bisnis offline pada umumnya. Anda harus berhadapan dengan deadline, jadwal, komitmen, dedikasi dan sebagainya.
Satu keuntungannya adalah Anda melakukan itu semua dengan senang hati. Jika Anda melakukan apa yang Anda suka tentu hasilnya akan lebih baik.

4 Tips Cerdas Menjadi Blogger Yang Handal

Untuk menjadi sukses tentu Anda harus tahan banting. Bagaimana agar Anda bisa seperti itu?
1. Pahami Aturan Mendasar Komersialisasi Blog
Apapun blog Anda entah itu personal atau bukan Anda perlu memahami hal ini. Mulai dari penentuan nama, topik bahasan, tampilan blog. Jika Anda sudah terlanjur mempunyai blog, maka Anda bisa melanjutkan ke tips no.2.
Nama yang baik dan mudah diingat tentu dapat mengangkat popularitas blog Anda jangka panjang. Pilihlah topik bahasan yang menjadi hobi Anda, dan buatlah tampilan blog yang sederhana (jangan terlalu banyak pernak pernik apalagi banner iklan).
Terkadang banyak blog personal berubah pikiran di tengah jalan dengan memulai usaha monetasi blog karena tegiur kisah sukses blog lainnya. Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri sejak awal agar blog Anda komersil.
2. Buatlah Postingan Artikel Secara Teratur
Perhatikan kemampuan Anda dalam membuat artikel. Cara termudah mengukur hal ini adalah dengan melihat berapa banyak artikel orisinil yang dapat Anda hasilkan dalam satu minggu, buatlah rata-rata.
Jangan membuat postingan dengan perbedaan kuantitas yang mencolok setiap minggunya. Hal ini bermanfaat bagi blogger yang belum begitu ternama untuk memancing pengunjung setia selalu datang. Dengan menerapkan hal ini pengunjung akan mengetahui bahwa setiap minggu Anda pasti akan memuat informasi baru.
Postingan artikel yang teratur tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan pengunjung setia tapi juga akan membuat blog Anda bersahabat dengan Google, Yahoo atau mesin pencari lainnya.
3. Banyak Membaca
Jika Anda ingin selalu maju sebagai blogger mau tidak mau Anda harus banyak membaca. Membaca merupakan solusi cerdas untuk sumber inspirasi Anda.
Semakin banyak Anda membaca semakin banyak hal yang ingin Anda tuliskan melalui blog Anda.
4. Jangan Lupa Istirahat
Menjadi blogger merupakan hal yang melelahkan. Apalagi saat ini banyak blogger-blogger baru bermunculan, akibatnya …. ? Persaingan semakin ketat.
Jangan terlalu memaksakan diri membangun blog Anda. Pikirkan istirahat, berikan penyegaran pada pikiran Anda untuk memacu motivasi blogging Anda. Ingat kesuksesan tidak terjadi dalam sekejap.
Selama Anda sudah menerapkan tips no. 1 sampai 3 tetaplah konsisten, jangan terlalu khawatir, Anda hanya perlu luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran Anda.
Bagaimana praktiknya?
Tips yang telah saya sampaikan tersebut merupakan tips mendasar untuk membangun blog jangka panjang. Namun demikian dalam menjalani karir Anda sebagai blogger pasti ada tantangannya.

Apa tantangannya dan bagaimana jalan keluarnya ?

1. Inspirasi Tidak Datang Setiap Saat
Dalam satu bulan, terkadang inspirasi banyak sekali datang pada minggu pertama dan tidak demikian pada minggu selanjutnya. Ini wajar. Lalu bagaimana menyiasatinya? Manfaatkan fasilitas “scheduled publish” yang terdapat pada admin dashboard.
Kuncinya adalah konsistensi. Jika Anda dapat menjaga konsistensi, itu merupakan langkah awalSearch Engine Optimization yang baik untuk blog Anda.
2. Sulit Untuk Menjadi Konsisten
Buatlah rencana tertulis baik itu di komputer, laptop, atau buku. Jika perlu Anda print rencana tersebut lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat di kamar Anda.
Percaya atau tidak pengingat jenis ini sangat ampuh untuk menghindari diri Anda keluar jalur rencanablogging Anda.
Rencana yang Anda buat ibarat “petunjuk arah” yang ada dijalanan. Bisa dibayangkan langkah Anda akan semakin mudah jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.
Dengan adanya rencana, Anda dapat mengukur mana kekuatan dan mana kelemahan Anda sebagai blogger.
3. Krisis Percaya Diri
Ada waktunya Anda menemukan artikel yang akan Anda publish telah dimuat di blog orang lain. Apa yang harus Anda lakukan? Jangan tunda lagi. Ingatlah … selama Anda membuat artikel itu atas jerih payah Anda sendiri maka artikel Anda pasti berbeda.
4. Blog Anda Sepi Pengunjung
Saya yakin mayoritas dari Anda sudah memiliki akun Facebook maupun Twitter. Pergunakan kedua media ini dengan baik untuk memperkenalkan diri Anda sebagai blogger. Berikan link artikel blog Anda lewat update status di kedua akun social media tersebut untuk memudahkan pengunjung menjangkau blog Anda. Siasatilah waktu yang tepat untuk memuat link Anda. Pilihlah waktu senggang agar pengunjung leluasa membaca artikel Anda.
Gunakan peluang menjadi guest blogger sebaik-baiknya. Jika Anda mau jangan tunda-tunda, segera buatlah artikel terbaik Anda dan kirimkan.
Jika memungkinkan lakukan wawancara dengan blogger lainnya. Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan melalui wawancara ini dari sekedar meningkatkan jumlah pengunjung atau popularitas blog Anda.
Terakhir tinggalkan komentar terbaik Anda pada blog lain. Semakin baik komentar Anda semakin baik imbas yang akan Anda terima.
5. Kurang Motivasi
Mintalah dukungan pada orang terdekat Anda. Bisa pacar, suami/istri, atau sahabat. Motivasi sangat diperlukan agar Anda tetap semangat menciptakan artikel yang berkualitas.
Nah sekarang bagaimana dengan rencana blogging Anda ke depan? Ada yang ingin disampaikan? silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom yang disediakan.
Tentang penulis :
Oktorian S Hakim adalah blogger dari Jakarta, freelance writer, dan pendiri notordinaryblogger(blog tentang tips mudah dan cerdas membangun sebuah blog untuk bisnis)

Leave a Reply

Silahkan berikan kritik dan berikan saran untuk post saya dengan tidak mengandung unsur :
- Penghinaan
- Link pornografi
- Tidak berbicara yang tidak sopan

Terima Kasih, dan jangan lupa follow ya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rayda Ramadhan Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Rayda Ramadhan -